Selamat Datang di Website Resmi

SMK TEXMACO SEMARANG





Blog 08 Februari 2015 / Ahmad Lutfi

Teleskop Abadikan Tiga Bulan Besar Lewati Jupiter

Teleskop luar angkasa Hubble bisa dengan mudah menangkap gambar Jupiter atau bulan yang mengelilinginya. Namun, apabila tiga bulan terbesar tertangkap teleskop Hubble dengan latar belakang Jupiter itu menjadi fenomena langka.

Dilansir Engadget, Minggu (8/2/2015), bulan atau satelit Galilean tertangkap oleh teleskop Hubble bersama dengan Jupiter merupakan fenomena yang jarang terjadi. Biasanya, fenomena ini terjadi satu atau dua kali dalam satu dekade.

Inilah yang membuat foto yang ditangkap Hubble tampak istimewa. Jupiter diketahui memiliki empat 'Galilean moons'. Pada foto yang ditangkap kamera Hubble, hanya terlihat tiga bulan dengan salah satu bulan yang paling besar (tampak dengan bayangan).

Hubble menggunakan Wide Field Camera 3 untuk menjepret beberapa foto pada 23 Januari 2015. Bulan yang tertangkap antara lain memiliki nama Io, Callisto dan Europa. Khusus Europa, bulan ini menjadi menarik bagi peneliti NASA untuk misi jelajah masa depan guna mencari tahu kehidupan alien di luar angkasa.

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru