Selamat Datang di Website Resmi

SMK TEXMACO SEMARANG





Blog 18 Februari 2015 / Advent Jose

Musim Dingin Planet Ini Bersuhu 500 Derajat Celcius

BERLIN - Planet bernama Kepler-432b justru mengalami panas mencapai 500 derajat celcius pada musim dingin. Sementara di musim panas, suhunya bisa mencapai 1000 derajat celsius.

Dikutip Softpedia, Minggu (15/2/2015), hal itu diungkapkan melalui sebuah tulisan dalam jurnal Astronomy & Astrophysics, yang mengumumkan penemuan planet tidak berdokumen tersebut. Planet ini menurut peneliti juga mengorbit dengan aneh.

Tidak hanya itu, ukuran dan bentuknya pun tidak bisa dikatakan lazim. Peneliti mengilustrasikan, pada musim dingin di planet ini, dapat digunakan untuk memanggang ayam dalam keadaan utuh dalam sekejap mata.

Awal Penemuan

Benda angkasa yang dikenal dengan nama Kepler-432b ini ditemukan oleh para ilmuwan melalui bantuan Nordic Optical Telescope. Kegiatan eksplorasi itu sendiri dilakukan di La Palma and the Calar Alto Observatory, Andalusia, Spanyol.

Peneliti menambahkan, planet aneh ini didokumentasikan tidak hanya oleh satu tim astronot. Melainkan ditemukan oleh dua kelompok peneliti yang berbeda meski bekerja secara independen.

Tim pertama dipimpin oleh Mauricio Ortiz dari Center for Astronomy of Heidelberg University. Sementara tim berikutnya diketuai oleh Simona Cicwri dari Planck Institute for Astronomy di Heidelberg.

Ilmuwan kembali menjelaskan, planet ini memiliki ukuran yang sebanding dengan Jupiter, namun punya bobot enam kali lebih besar. Artinya, menurut mereka Kepler-432b adalah planet yang padat. 

Diketahui melalui teleskop Nordic, planet ini juga mempunyai lintasan orbit yang kecil namum memanjang. Sehingga dibutuhkan waktu sekira 52 hari untuk mengorbit secara penuh. Dengan alasan itu pula (orbit memanjang), suhu di Kepler-432b menjadi tak normal.

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru