Selamat Datang di Website Resmi

SMK TEXMACO SEMARANG





Blog 18 Februari 2015 / Anton Suhartono

Mobil pun Bisa Aliri Listrik untuk 40 Rumah, Ini Caranya

CHICAGO - Kendaraan selama ini disebut-sebut sebagai penghasil polusi udara terbesar, mengalahkan sektor industri. Namun ternyata mobil juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi bersih.

University of Illinois, Chicago Mechanical and Industrial Engineering Depatment, baru-baru ini mengumumkan kerja sama dengan New Energy Innovations Inc untuk membuat energi berkelanjutan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan hilir mudiknya kendaraan di perempatan-perempatan jalan.

"University of Illinois berkomitmen menggunakan metode-motode terdepan yang ramah lingkungan. Kami melihat proyek energi bersih ini menjadi sumber yang sangat baik untuk energi terbarukan berkelanjutan di masa depan," terang Michael A Brwon dari University of Illinois, seperti dikutip dari Autoevolution.

Lantas, bagaimana cara perangkat ini bekerja? Perusahaan mendesain sebuah alat berbentuk seperti pompa yang dipasang memanjang sesuai lebar jalan. Alat tersebut diletakkan di perempatan-perempatan jalan.

Setiap kendaraan yang melintas akan melindas alat tersebut sehingga menghasilkan udara yang kemudian disalurkan ke tangki bertekanan yang berada di pinggir jalan.

Udara bertekanan itu lalu menggerakkan generator dalam kecepatan rotasi yang stabil. Energi yang dihasilkan kemudian disimpan di baterai dan digunakan bila dibutuhkan, seperti untuk lampu penerangan jalan atau lainnya.

Cara ini tidak menimbulkan dampak negatif bagi kendaraan. Pengemudi juga tidak perlu menurunkan kecepatan saat melintasi perempatan. Pada kecepatan berapa pun pompa tetap akan bekerja.

Penggunaan alat ini sangat mudah. Energi yang dihasilkan di setiap perangkat cukup untuk digunakan oleh 40 rumah selama setahun.

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru