Selamat Datang di Website Resmi

SMK TEXMACO SEMARANG





Blog 21 Juni 2023 / Tim Hubinmas

INTERNASIONAL EDUTRIP, GOES TO CHINA

GOES TO CHINA 2023

 

Yayasan Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi Texmaco bulan Juni 2023 melakukan Trip to China, perwakilan dari YPPIT Texmaco adalah Ibu Nur Alimah, Ibu Shinta, Bapak Majid Ibrahim, Bapak Adib Jamaludin, serta Bapak Agung Hariadi. Ada beberapa agenda yang dilakukan, antara lain:

  1. Serah terima alumni untuk mendapatkan kuliah gratis di YPC China
  2. Perpanjangan Kerjasama Internasional
  3. Kunjungan Industri

9 alumni yang kami serahkan ke kampus YPC China adalah anak-anak yang lulus di saat pandemi, mereka berjuang melawan rasa takut akan wabah pandemi, namun mereka memiliki optimisme yang tinggi untuk mencapai cita-cita. Selama hampir 3 tahun mereka mengikuti kuliah online, dan saatnya kini mereka mengemban ilmu yang sesungguhnya di Negeri Cina. Suatu perjalanan yang istimewa, di saat banyak anak yang mundur karena bosan dengan kuliah online, namun mereka tetap melanjutkan hingga detik ini. Semoga perjuangan kalian tidak sia-sia, ilmu yang didapat akan memberi banyak manfaat untuk masa depan kalian.

Kerjasama internasional dengan pihak Cina tidak hanya mendapatkan kuliah gratis bagi alumni saja, ada beberapa point tambahan. Kerjasama tersebut antara lain, pengiriman guru ke Cina untuk training kompetensi dan bahasa Mandarin, pelaksanaan magang siswa kelas 11 selama 1 tahun di Cina. Selain itu SMK Texmaco Semarang ditunjuk oleh Pemerintah China sebagai salah satu dari 8 anggota Tim Komite Kerjasama Investasi. Tim ini terdiri dari perwakilan pemerintah Cina, beberapa industri Cina yang sdh berinvestasi di Indonesia dan perguruan tinggi di Cina. Tugas kami di tim ini antara lain menjadi hub sekaligus training base di Indonesia utk persiapan tenaga kerja baik dalam peningkatan skill kompetensi maupun bahasa Mandarin.

Kerjasama dengan industri hidrolis terbesar di China : HENGLI sekaligus visit ke 3 lokasi pabrik.

Pabrik 1, spesifikasi pembuatan mesin/sparepart dll dengan CNC. Proses produksi dari RATUSAN jumlah CNC nya dan semua minimal 5 axis. Pekerjaan testing dilakukan full robotic. Beberapa pekerja hanya melakukan kendali dan finishing.

Pabrik 2, spesifikasi metalurgi. Semua jenis pengecoran ada disini. Ada juga teknik penyambungan baja dg peleburan "high temperatur". Testing tetep robotic. Human worker just for control and finishing.

Pabrik 3, spesifikasi khusus pembuatan piston, dari yang single silinder sampai yg multiple. Pesanan dari beberapa customer tetap, dibuatkan line produksi sendiri antara lain line produksi utk Kubota Jepang, Caterpilar USA dll.

Internasional Edutrip ini memberi banyak warna baru dalam dunia Pendidikan dan berbagai peluang bagi YPPIT Texmaco untuk mengembangkan kualitas serta mampu memfasilitasi alumni-alumni yang memiliki harapan lebih di masa depannya.

 

Sekolahku Kebanggaanku

Pendidikan adalah Pelayanan

 

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru