Selamat Datang di Website Resmi

SMK TEXMACO SEMARANG





Blog 09 Maret 2017 / Afriani Susanti

Ini Rahasia Singapura Jadi Negara Terpintar di Dunia

Sudah menjadi rahasia umum jika Singapura menjadi salah satu negara tercerdas di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan capaian pada peringkat Programme Interatioale for Student Assessment (PISA) yang menduduki posisi pertama.

Kita mungkin bertanya, apa sebenarnya rahasia Singapura hingga menjadi negara tercerdas. Dinukil dari laman BBC, salah satu kunci sukses Singapura dalam bidang pendidikan terletak pada fokus kemampuan akademik, yang berdasarkan pada prestasi dan akses yang merata.

Dengan sistem tersebut, maka membantu Singapura untuk menciptakan kohesi sosial, satuan pada tujuan sekolah itu sendiri dan etos dari kerja keras yang membuat banyak negara iri.

Singapura bukan lagi negara baru, sekolah yang ada di sana pun telah menjadi tepat dengan kompetitif tinggi. Semakin banyak keluarga yang mendukung anak mereka dengan pembelajaran di luar sekolah, seperti mengambil kelas matematika, Bahasa Inggris sampai musik.

Bagi mereka yang tidak berusaha untuk mencapai hal ini, maka tergantung dari motivasi anak-anak itu sendiri dan sumber daya yang ada di sekolah untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Sistem berikutnya yang dimiliki Singapura dalam dunia pendidikan ini adalah pada sosial yang lebih adil, membangun sosial yang kuat di tengah-tengah masyarakat. Hal itu sama dengan mengembangkan kapasitas digital ekonomi yang baru.

Pendekatan juga dilakukan dengan berfokus pada skill yang bisa membangun emosi positif bagi siswa, menambah ketahanan diri, dan membangun kesadaran serta mendorong hidup sehat. Orangtua juga harus bermain dengan anak, sebagai bagian dari peran penting dalam nilai-nilai yang tepat bagi anak-anak mereka.

Guna meningkatkan keadilan, Kementerian Pendidikan juga berusaha untuk menyebarkan sumber daya yang ada di lintas sekolah, dengan merotasi pengalaman dari kepala sekolah yang ada di sekolah-sekolah yang membutuhkan perhatian lebih.

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru