Selamat Datang di Website Resmi

SMK TEXMACO SEMARANG





Blog 18 Februari 2015 / Advint Jose

Ilmuwan Temukan Fakta Baru Mengenai Planet Bumi

LLINOIS - Ilmuwan menemukan fakta terbaru mengenai anatomi dari planet Bumi. Mereka mengatakan Bumi sebenarnya memiliki inti (inner core) yang lebih dalam dari pada yang diketahui sebelumnya.

Bagian lebih dalam dari inti Bumi itu disebut dengan inner inner core. Informasi ini dipublikasi melalui jurnal Nature Geoscience.

Inti lebih dalam alias (inner inner core) tersebut ditemukan para peneliti dari Xiaodong Song dan University of Illinois di Amerika. Caranya mereka melihat pergerakan gelombang seismik melalui berbagai lapisan Bumi.

Lebih tepatnya, ilmuwan menganalisis sifat gelombang yang beresonansi setelah kejutan (shock) di awal gempa. melalui data yang berhasil dikumpulkan tersebut, mereka percaya bahwa inti planet ini tidak hanya terdiri dari satu bola padat seperti yang didalilkan sebelumnya.

Inner Inner Core

Peneliti menambahkan setelah melakukan berbagai analisa, mereka menemukan bahwa inti lebih dalam itu berdiameter lebih kecil dari Bulan. Mereka juga menyatakan dimungkinkan antara inner core dan inner inner core memiliki perbedaan perilaku.

Namun untuk kasus ini ilmuwan menyatakan masih mempelajarinya. Dengan mengetahui karakteristiknya, peneliti berharap akan mampu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Bumi terbentuk dan berevolusi.

Seperti diketahui Bumi memiliki lapisan yang terdiri dari litosfer, kerak, maantel atas, mantel, astenosfer, inti luar (inti luar), inti dalam (inner core).

 

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru