Selamat Datang di Website Resmi

SMK TEXMACO SEMARANG





Blog 31 Agustus 2022 / Tim Hubinmas

HELTEX (Helm Pengukur Tinggi Badan) Hasil Karya Jurusan TEI SMK Texmaco Semarang

                   

                  

#HELTEX#

HELM DENGAN SENSOR ULTRASONIC

Target pembelajaran pada Tahun Pelajaran 2022/2023 SMK Texmaco Semarang menerapkan pembelajaran berbasis project, baik berupa produk maupun jasa. Dalam pelaksanaannya kegiatan pembelajaran terbagi dalam bebera pada jadwal blok yang diikuti oleh semua siswa, sebagai berikuit :

  1. Kelas X menjalani 2 minggu pembelajaran Mapel Produktif dan 2 minggu Mapel Umum
  2. Kelas XI dan XII menjalani 3 minggu pembelajaran Mapel Produktif dan 1 minggu Mapel Umum

Jadwal pelajaran yang tersusun sedemikian rupa tersebut bertujuan  untuk lebih menggali kreatifitas dan potensi siswa pada kompetensi masing-masing. Bukan hanya siswa saja yang dituntut untuk mengembangkan kreatiftasnya namun Guru pun juga dituntut demikian mengikuti perkembangan jaman dan teknologi.

Kali ini dari jurusan Teknik Elektronika Industri membuat inovasi produk yang diberi nama HELTEX, berupa helm pengukur tinggi badan menggunakan mikroprosesor dan sensor ultrasonik. Jika dipakai, tinggi badan akan langsung tampil di monitor yang menempel pada helm. Kolaborasi antara siswa dan guru ini menciptakan suatu karya yang inovatif, Rangga Sasmito Agung Pambudi (siswa), Mochamad Ridwan (siswa), Bp. Subakin (guru TEI), dan Bp. Ulinnuha Luthfi (guru TEI) adalah tim yang telah menciptakan HELTEX. HELTEX ini sudah mendapatkan pengakuan hak cipta dari Dirjen Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan HAM.

Dengan terciptanya produk kreatifitas siswa dan guru ini mampu memotivasi semua jurusan untuk mencipatakan karya-karya kreatif dan inovatif lainnya, yang mampu bersaing di pasar global. Terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga proses belajar mengajar berbasis project ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

 

Sekolahku kebanggaanku

Pendidikan adalah pelayanan

 

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru