Selamat Datang di Website Resmi

SMK TEXMACO SEMARANG





Blog 25 Februari 2015 / Edy Abdullah

Falsafah Hidup Orang Bugis Makassar yang Sarat Nilai-nilai Pembelajaran

Setiap orang tentunya harus harus memiliki pandangan hidup, suku bugis makaassar sudah sangat dikenal sebagai pekerja keras mereka senang sekali untu merantau jauh dinegeri seberang untuk mengubah haluan hidup demi mencapai keuksesan sejati.

Falsafah Hidup merupakan sebuah prinsip yang mendasar yang harus dimiliki insane dan individu tanpa prinsip maka kehiduppan orang tersebut laksana kapal yang terombang ambing ombak ditengah lautan tanpa tujuan yang jelas.

Orang bugis makasssar memiliki juga beberapa prinsip kehidupan yang sangat dalam dalam memaknai perjalanan hidup dan berikut ini beberapa prinsip-prinsip tersebut:

Pertama, Siri na pacce prinsip ini mengajarkan bahwa orang bugis Makassar sangat menjunjung tinggi persoalan siri atau rasa malu mereka akan senantiasa merasa malu untuk melakukan perbuatan yang tidak baik.

Dan baginya panyang untuk melakuka perbuatan yang memalukan yang bertentangan dengan norma agama, hukum maupun norma adat dan kesopanan

Dan sebuah aib yang cukup memalukan bila dikemudian hari melakukan hal-hal yang dianggap sebagai perbuatan tidak terpuji .

Harga diri atau integritas merupakan barang/mata uang yang palig berharga bagi orang bugis makassar kehilangan harga diri laksana khilangan segala-galanya dan lebih baik kehiolangan uang dari pada harga diri karena kehilangan uang kita kehilangaan sedikit akan tetapi kalau kehilangan integritas maka kita kehilangan segala-galanya

Pacce merupakan sebuah sikap yang dapat merasakan penderitaan sesama manusia dan tentunya sikap ini akan senantiasa memunculkan solidaritas bagai sesama manusia

Berpegang teguh pada prinsip kehidupan yang mampu perasakan pederitaan sesama manusia maka hal itu akan memicu keinginan untuk senantiasa mengulurkan pertolongan bagi mereka yang membutuhkannya

Kedua ,RESO Tamanginggi Naletei Pammase Puang artinya bahwa didadalam mengarungi kehidupan ini Orang bugis akan senantiasa bekerja secara keras, tekun dan pantang menyerah maka dapat dipastikan kebrhasilan akan bisa dicapai karena Rahmat Tuhan meniti menuju jalan kesuksesa. Dan didalam bekerja tersebbut pantang berputus asa karena semakin kita berkeja keras dan semakin banyak rintangan yang kita hadapi seperti kegagalan maka dapat dipastikan kita akan semakin dekat dengan kesuksesan karena hampir semua orang sukses diunia ini pasti perna merasakan kegagalan .jika Fisik dibesarkan dengan melatihnya mengangkat beban seperti barbell maka jiwa dibentuk berdasarkan kegagalan yang dihadapi.

Hanya dengan kerja keras maka segalah usaha pasti bisa dicapai dan tuhan sangat menyenangi orang yang bekerja secara keras.

Ketiga, Tea Tamakua idipanajaji yang artinya kesuksesan anda tergantung dari diri anda sendiri apa yang anda pilih pada waktu yang lalu hasilnya apa yang aanda rasakan pada saat ini.

Dan jika anda ingin merubah nasib anda maka tidak ada jalan lain hanya anda yang mampu mengubahnya karena itu hargai diri anda ,kenali diri anda dan potensi anda lejitkan dan jangan perna berfokus pada kekurangna anda karen ajika berfokus kepada kekurangan maka annda hanya mampu berkeluh kesah, tapi Fokuslah pada kelebihan anda maka anda akan bisa melakukan apapun yang anda cita-citakan .

Tidak akan berubah nasib seseorang kecuali dia yang merubanya sendiri demikanlah peringatan tuhan

Keempat, Sipakainga, Sipakatau ,dan sipakalebbi. Sikap ini mengajarkan kepada kita bagaimana cara menggapai kesuksesan dan berhubungan dengan sesama manusia karena kesuksesan tidak akan bisa kita capai tanpa bantuan dan berinteraksi dengan orang-orang disekeliling kita karena dalam menjalin hubungan dengan manusia termasuk dengan relasi bisnis dan rekan kerja hendaknya kita senantiasa saling mengingatkan , saling menghormati, dan saling menghargai jikaa ketiga sikap ini anda terapkan maka dipastikan urusan anda akan berjalan mulus.

Sipakainga adalah tindakan untuk senantiasa saling mengingatkan ,saling menegur ,saling mengevaluasi dan membimbing jealan yang benar jika seseorang mengalami permasalahan atau kesulitan hidup pada saat tanpa membedakan yang baik dan yang benar

Sipakatau merupakan cerminanan untuk senatiasa saling menghormati dan tidak sebaliknya saling bermusuhan ,selink sikuk dan injak menginjak dalam merebut jabatan atau mengejar kekayaan hendaknya senantiasa kita memanusiakan sesama manusia.

Sipakalabbi sebuah gambaran dalam menjalani hidup dalam bermasyarakat untu senantiasa saling menghargai antara sesama manusia dengan saling menghargai maka hubungan akan semakin erat dan jauh dari rasa permusuhan dan kebencian.

Kelima, Malilu Sipakainge, Mali Siparappe,Rebba Sipatokkong artinya bahwa hendaknyaa kita membantu satu sama lain jangan saling menjatuhkan tapi sebaliknya saling menarik serta saling mengingatkan antara sesama manusia karna jalan menuju kesuksesan pasti penuh hambatan

Dan ketika engkau terjatuh maka saling bantulah dan memotivasi untuk bangkit kembali karena kegagalan akan selalu ada dalam setiap jalan kesuskesan

Jika anda ingin sukses maka jangan perna takut akan kegalalan dan jangan pernah menghitung berapa kali anda gagal dan terjatu tapi hitung dang ingatlah sudah berapa kali anda bangkit dari kegagalan.

Keenam, Taro Ada Taro Gau prinsip ini mengajarkan betapa pentingnya memiliki sikap yang bissa dipercaya taro ada taro gau memiliki makna bahwa sebagai pemimin atau apapun profesi anda senantiasalah untuk selalu konsisten antara ucapan dan perbuatan.

Ketika ucapan dan perbuatan anda sejalan maka dapat dipastikan orang-orang yang anda pimpin atau berada disekitar anda akan semakin mempercayai anda ,dengan adanya kepercayaan maka anda sudah sukses menapaki tangga kepemimpinan yaitu dipercaya atau menjadi pemimpin yang dipercaya.

Ketika seorang pemimpin sudah dipercaya maka yang dipimpinnya otomatis akan mencintainya ketika anda sudah dicintai rakyat atau orang yang anda pimpin maka pegaruh anda akan semakin kuat dengan kuatnya pengarug maka anda menciptkan diri anda menjadi pemimpin yang kharismatik

Demikianlah beberapa falsafah orang bugis Makassar yang penuh dengan pembelajaran kehidupan .

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru